Titik Permulaan Itu Dimulai Dari Sini

 

Titik Permulaan Itu Dimulai Dari Sini

Annline



 


 

            Waktu benar – benar seperti berlari. Sungguh tidak terasa. Tahu – tahu sudah ada di titik penghujung. Dimana semua itu sudah dilalui. Dengan segala hasil yang ada dan terlampaui. Mulai dari hulu hingga hilirnya.

            Kata berpisah adalah sebuah kata yang selalu berat untuk diucapkan. Karena memang tidak ingin juga tidak suka. Karena memang sesungguhnya sudah cinta, terlalu cinta bahkan, sejak awal, sejak dahulu. Sejak dulu, ketika mulai bermain dan mengakrabi aksara, setelah cukup puas membersamai kata di hari – hari.

            Rasanya sungguh senang dan lega sekali. Merasa beruntung bisa mengenal dan menjadi bagian dari keluarga besar Backpacker Jakarta (BPJ), yang ternyata didalamnya diketahui pula memiliki Klub Blogger dan Buku (KUBBU).

 

***

 

            Pucuk dicinta ulam tiba, haha. Ini dia, yang aku suka…ada wadah untuk aktivitas yang kucinta, Membaca dan Menulis. Sedikit cerita, bergabunglah aku kemudian di Klub Blogger dan Buku (KUBBU) dan lalu mengenal juga bertemu dengan orang – orangnya yang baik – baik, yang luar biasa, yang rendah hati.

            Kembali ke 30HMC (30HariMenulisCerita), KUBBU membuat Program Tantangan Menulis: 30 Hari Menulis Cerita. Dimana setiap member KUBBU yang berminat dapat mengikutinya, terdapat sekitar 36 member yang kemudian terdaftar pada Program Online di bulan Oktober 2020. Aku menjadi salah satu yang terpanggil untuk mau bergabung di dalamnya, karena ingin menempa diri menjadi lebih baik juga menerima tantangan.

            Di program tersebut, kita akan dilatih pun berlatih juga mempraktekkan komitmen, disiplin persistensi hingga konsistensi diri tanpa paksaan dari pihak manapun, untuk diri kita sendiri pula kemudian segala kebaikan juga kekurangannya, semuanya kita yang menupayakan dan menciptakannya. Program ini menurutku, lebih mengarah ke proyek pribadi, proyek tentang bagaimana kita memanage diri dan waktu kita pribadi, its about how you deal with yourself, your passoins, your environment..

            Dan yang aku rasakan kemudian pun banyak sekali. Aku benar – benar belajar, memahami dan menjalankan apa itu arti dari komitmen – disiplin – hingga konsitensi, yang bila mau dibilang jujur..ya, itu memang tidak mudah, itu memang berat dan dibutuhkan niat, tekad juga kecintaan yang kuat, hingga kemudian kita pun bisa terbiasa. Tapi, juga bukan tidak mungkin atau bukan berarti tidak bisa dilakukan atau diraih. Itu bisa! Tantangan itu bisa ditaklukkan. Capaian atau tujuan itu bisa diraih, asal kita niat, betul – betul bersungguh – sungguh mau. Siapapun bisa, asal mau dan praktek! Kamu juga pasti bisa, karena aku juga sudah membuktikannya!

 

***

            Terimakasih KUBBU yang sudah mengadakan program ini. Sekali lagi, aku belajar banyak hal sekali selama 30 hari di bukan oktober ini. Beberapa diantaranya, belajar bagaimana menjadi penulis yang konsisten, komitmen juga produktif itu. Ternyata itu tidak mudah, luar biasa kendala juga tantangan yang harus dihadapi setiap harinya. Aku menjadi semakin salut dan kagum kepada para penulis, yang setiap harinya menulis, menulis dan menulis, tanpa alasan apapun, tanpa banyak keluhan juga rengekan. Karena segala ‘tetek bengek’ tadi selalu bisa diatasi dan dihadapi dengan berbagai cara, bukannya malah diciptakan, dihindari dan diendapkan. Tapi itu semua kembali lagi pada pilihan dan prioritas diri masing – masing pula. Semua berhak memilih, mempunyai pilihan dan menjalani.

            Terimakasih pula kepada penyelenggara Program #KUBBU30HMC, salah satunya Deny Oey, yang sudah mencoba melakukan segala yang terbaik, mengapresiasi hingga mencoba memudahkan serta memberi jalan bagi penulis pemula untuk menulis dengan minimal 250 kata terlebih dahulu saja. Dengan memberikan berbagai tema di setiap hari serta memberi kebebasan pula untuk mengeksplorasi tulisan dengan berbagai jenisnya.

            Sungguh seru dan menyenangkan untukku, bisa mengikuti, merasakan, dan menjalani Program KUBBU30HMC, sejak hari 1 sampai 30, selalu saja ada hal – hal menarik yang mewarnai hari – hari. Mulai dari awal, dengan adanya gangguan suara – suara di atap genteng karena tetangga sebelah yang memelihara anjing di lantai atas rumahnya, lalu membiarkan anjingnya berkeliaran seenaknya ke genteng tetangga dan menginjak – injaknya, kurang beruntungnya atap genteng itu berdekatan bahkan menempel dengan atap rumah dimana aku tinggal, dealing, was – was sang anjing akan jatuh dan terlempar lagi rasanya sungguh sudah seperti menunggangi roaller coaster, lalu ada pula hal yang sedikit mistik ikut menemani hari, dengan muncul, lepas dan lompat – lompatannya belatung yang seperti berasal dari atas atap yang entah karena apa. Balada atap yang sedikit bocor karena hujan deras, angin yang sangat kencang pula membuat atap berdecit. Drama pribadi yang memang mudah ngantuk kalau sudah malam sedikit, ‘kengantukan’, teler. Mati lampu pula pernah secara tiba – tiba hingga paket internet atau kuota yang beberapa kali habis di rentang satu bulan itu.

            Itulah secuil cerita lika – liku yang dapat membuat kerinduan pula pada akhirnya kurasa. Karena setelah hari ini, aku harus dan akan tetap menulis, menulis dan menulis, tapi hanya akan sendiri saja, tidak seperti di bulan oktober yang esok akan segera berlalu. Selama bulan oktober, aku merasa ada temannya saat menulis, tidak sendirian, ada dateline atau DLnya pula yang membuat aku terus berpacu dan merasa bersemangat. Terimakasih bulan Oktober, terimakasih teman – teman KUBBU30HMC.

            Aku terima dan syukuri semuanya, dan aku mau dan tetap menulis, meski sendirian saja. Itu tak mengapa, semuanya tetap dan semoga akan baik – baik saja. Bukankah semua itu pasti ada waktunya, ada fasenya, ada masa berlalunya.

            So, selamat datang yang nantinya baru, termasuk kesendirian dengan segala kejutan manis juga hadiah yang akan menyertainya.







            Aku akan tetap dan terus menulis dengan niat, semangat juga cinta.

            Dan aku, akan mencoba terus untuk menemukan waktu yang pas dan sesuai kebutuhan untuk menulis setiap harinya.

 

 

@kubbu_bpj                            @annline

#KUBBU30HMC                      #writingchallenge                               #day30

#tantanganmenulis                 #30harimenuliscerita                         #pengalaman30hari

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Ah, keren sekali kak..
    Selamat untuk memulai perjalanan barunya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih banyak kak. Programnya sungguh jempolan dan bermanfaat. Suka sekali.

      Hapus