I LOVE YOGA, hobi yang membuat aku jatuh cinta...


   Setiap kita pasti memiliki hobi atau kesukaan masing-masing. Mulai dari yang berhubungan dengan olahraga sampai berkesenian. Apa saja. Banyak. Bebas.

   Begitu juga denganku. Sejak kecil, aku itu senang sekali membaca, lanjut menulis. Mengeksplorasi pula kemudian kegiatan-kegiatan yang lain, merambah juga ke seni juga musik. Perihal seni,  aku sempat menyukai dan mencoba beberapa diantaranya, namun belum terlalu diintensifkan, baru beberapa dan baru sedikit saja. Ada beberapa hobi lain pula yang disukai seperti jalan-jalan dan berpetualang. 

   Namun, anehnya kemudian, ada satu hobi yang kemudian menjadi begitu aku sukai, bahkan sepertinya aku sudah jatuh cinta padanya, dan dengan senang serta penuh semangat terus-menerus menggeluti dan mempelajari juga mempraktekkannya hingga saat ini.

   Padahal sungguh lucu pula bila diingat-ingat, sebab sewaktu kecil(saat duduk di bangku SD) aku sangat menghindarinya alias tidak menyukainya, kemampuanku juga rasanya dibawah rata-rata karena rasa takut yang menyelimuti. Lucunya lagi, aku tetap menghadapinya meski dipenuhi rasa yang tidak nyaman di dalam dada, rasanya bergemuruh.

  Tapi saat ini semuanya seperti berbalik,  bisa dibilang aku telah memilih hobi yang satu ini, bahkan jatuh hati padanya, aku pun berharap dapat terus melakukannya hingga usia senja nanti. 

   Apakah hobi itu? Ia adalah Yoga.  

   Kenapa Yoga? Karena ternyata setelah aku ingat-ingat kembali, saat sebelum menginjak bangku SMU hingga Kuliah, aku tiba-tiba menjadi suka olahraga, tapi belum intens dan belum menetapkan tujuan, olahraga apa yang akan benar-benar aku pilih. Di bangku SMP,  aku sempat ikut ekskul renang,  masih suka juga sampai sekarang, mau lanjut diving dan free dive,  ada beberapa kendala saat aku mencobanya ditambah saat aku mencoba untuk menekuni free dive di saat itu pula aku dihantam kecelakaan parah, membuat latihan free dive pun belum lagi dilanjutkan. Dan di bangku SMU,  aku memilih karate. 

   Aku merasa dan berfikir bahwa Yoga memang fix untukku. 

   Memangnya apa yang sudah aku dapatkan? Apa itu Yoga? Mengapa memilih Yoga? 

   Sesuai slogannya, Mind,  Body and Soul. Yoga itu tentang dan memberi keseimbangan, seperti Yin dan Yang.


   Yoga mengajarkan dan mengingatkanku untuk hidup di saat ini. Menikmati, mensyukuri serta menjalani dengan sebaik-baiknya. 

  Aku sudah langsung jatuh cinta dan memutuskannya setelah beberapa kali berlatih(masih awal). 

   Apa pelajaran yang aku dapatkan dan rasakan... 
Menerima diri sendiri dengan segala kelebihan dan kekurangannya. 
Mensyukuri hal positif. 
Melepaskan hal negatif.
Ditempa untuk bersabar,  merelakan, mengikhlaskan, berterimakasih, mensyukuri. 
Semakin belajar mencintai diri sendiri. 
Tidak menghakimi diri sendiri juga orang lain. 
Masih banyak lagi sebetulnya hal-hal baik dan positif terkait keseimbangan juga kesehatan jiwa dan raga.

   Selain itu, dampak positif yang fisik bisa rasakan,  antara lain,  tidak mudah lelah, juga terengah-engah(ini penting sekali untuk aku yang juga memiliki hobi jalan-jalan atau plesiran hingga naik gunung). 

   Yoga dan Media Sosial (Instagram)
Dua hal yang harus imbang pula menurutku. Jujur aku lebih suka memilih yoga saja sebetulnya. Tapi, untuk saat ini bila kita tidak bermedia sosial juga kita akan ketinggalan. Tergilas zaman dan bisa punah kemudian. 
Terus terang, aku kurang suka bermedia sosial juga kurang aktif disana. 
Tapi akhir-akhir ini, aku mau mulai melek dan belajar bermedia sosial via Instagram sedikit demi sedikit,  perlahan-lahan. Itu semua karena Yoga. Ya,  Yoga yang membuat aku jadi termotivasi, karena disana (di IG) ada Yoga Challenge. Event tersebut memotivasi aku untuk mencoba bermedia sosial(jangan terlalu gaptek), sekaligus pula untuk membuat kemajuan pada diri melalui latihan yoga yang sudah aku pelajari dan jalani selama ini. 

   Rintangan yang malang melintang untuk newbie seperti aku di IG... 
Pertama, mulai dari IG yang bermasalah. IG pertama yang belum bisa membuat IG story. IG kedua yang entah sepertinya ke report sampai diblocked. IG ketiga yang sempat keblocked dan sudah kebuka lagi.

   Rasa campur aduk juga kecewa karena hal-hal seperti itu terjadi saat sedang ditengah-tengah mengikuti Yoga Challenge dan mau tidak mau harus melalui itu semua. Tapi aku tidak mau menyerah, aku tetap mau melanjutkan dan menuntaskan challenge hingga suka tidak suka aku pun membuat akun baru lagi(hikmahnya aku suka dengan namanya). Hikmah, pelajaran dan ujian pula, kesabaran, penerimaan, let it go. 

   Begitulah sedikit lika-liku, sekelumit cerita.  Sebetulnya masih banyak atau ada lagi. Bahkan ada pula hal yang bikin senang dan bersyukur karena jadi punya kenalan teman dari German(untuk saling mendukung) berkat Yoga Challenge. 

   Aku cukupkan sekian dulu ya. Nanti dapat disambung kembali(bila ada yang tertarik dan mau tahu hehe). Semoga bermanfaat celoteh ringan ini. Siap jungkir balik lagi dan lagi. 

Salam Sehat 
Stay Safe, Happy and Strong.
Namaste! 

Posting Komentar

48 Komentar

  1. Yoga memang keren banget sih, olahraga tapi malah bikin relaks gitu ya kak. Terus kalau udah nyoba bisa bikin ketagihan. Mantap postingannya kak, semoga sehat selalu ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul yoga itu bikin relax juga bikin ketagihan hehe..

      Hapus
    2. Terimakasih sudah berkunjung kak Merry..semoga kakak juga sehat selalu ya.

      Hapus
  2. Gw suka dengerin podcast dari guru yoga sekaligus guru meditasi..
    Mnurut dia, yoga bagian dari meditasi atau istilahnya moving meditation..
    Meskipun sekarang gw belum bisa nyobain yoga tapi gw sepakat meditasi dalam bentuk apapun cocok buat jadi sarana self healing karena keseharian hidup yang pastinya ada banyak stres disitu supaya syaraf2 kita rileks ga tegang..
    Kalo udah tegang, terus penyakit dateng, siap2 aja aktifitas n kantong bakal keganggu..hehe..
    Sayang yah :D

    Btw, nice post!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah betul sekali itu kak, self healing itu menurut aku sangat lah penting. Kita dapat melalukannya melalui sesuatu yang kita suka dan pilih. Aku memilih yoga dan menulis juga berkesenian untuk hal tersebut.
      Terimakasih sudah berkunjung kak, sehat dan bahagia selalu ya kak.

      Hapus
  3. Saya ingat kak Ani pernah mengajari saya beberapa gerakan Yoga pada saat perayaan HUT Kubbu 2019. Setelah itu, belum pernah saya coba lagi. Yang pasti, menekuni hobby seperti yoga akan menyehatkan jiwa dan raga ya kak? Semoga hal-hal positif yang mengisi diri kak Ani dengan menekuni yoga, semoga terbagi lupa utk orang2 sekitar kak any ya. Begitukah kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah senangnya kak Tuty masih mengingat saat itu, saya sendiri pun akan tetap mengingatnya. Namun sayang belum dicoba lagi ya gerakan atau pose-posenya hehe, semoga masih mau mencoba lagi bila kita dapat bertemu suatu hari nanti.
      Terimakasih untuk do'a baiknya kak.
      Tetap dan terus sehat, semangat juga bahagia ya.

      Hapus
  4. Sudah lama aku ga yoga. Dulu pertama kali diajak yoga, badan terasa pegal semua. Mungkin karena badan ga pernah diajak olahraga ginian. Lebih sering diajak jalan kaki, jogging, atau bersepeda.

    Yoga memang bagus untuk tubuh. Selain melatih otot tubuh, yoga juga dapat melatih ketenangan.

    Semangat terus mbak anne untuk yoganya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih kerennya pernah coba Yoga juga ya, bisa latihan bareng Anjasmara tuh kalau terus ditekunin hehe..
      Memang benar, setelah mencoba Yoga untuk pertama kalinya badan rasanya akan seperti. 'remuk redam' haha..guru Yoga pertama saya sdh memberitahu dan mengingatkan hal tersebut sebelum latihan, beliau berkata rasanya akan seperti gebuki orang sekampung hahaha...tapi itu adalah hal yang wajar dan normal karena artinya tubuh kita sedang menyesuikan diri dan beradaptasi. Hanya sementara dan hanya sebentar, setelah itu bila diteruskan dengan senang dijamin akan ketagihan.
      Semangat terus ya dalam melakukan olahraga apapun yang kamu suka dan pilih. Semoga sehat dan bahagia selalu.

      Hapus
  5. Aku pengen banget yoga tapi suka bingung memulainya, sampai download aplikasi yoga dan membeli matras tapi kebanyakan magernya kebanding praktekinnya. Kapan-kapan ajarin yoga untuk pemula dong kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung dimulai saja latihannya, matrasnya udah nungguin tuh hehe.. Matras aku malah udh sampai bolong2(oopss hahaha)
      Saran aku, untuk pertama kali memulai dan mengenal Yoga sebaiknya didampingi guru Yoga yang kompeten ya, supaya gerakannya tepat, manfaat pun didapat. Jangan sampai cedera atau malah rasanya jadi tidak nyaman. Penting sekali mengetahui ilmu dasar yang fundamental dan menjadi pondasi, konsep juga prinsipnya.
      Sedikit tips: bisa dimulai dari gerakan yang paling mudah dan sederhana dulu ya.
      Boleh kapan-kapan kita gerak bareng ya, tipis-tipis, yang ringan-ringan juga sederhana.

      Hapus
  6. Dulu pernah, waktu tugas di luar kota, saya diinapkan di sebuah hotel yang bikin program macam2, salah satunya kelas Yoga gratis seminggu sekali. Sekali saya sudah siap-siap nih pakai kostum olahraga, baru di pintu ruangan saya intip kok perempuan semua. Balik ke kamar, gak jadi Yoga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..kak Iqbal lucu...bikin saya ketawa juga ngakak baca komennya hehe...
      Hotelnya keren ya bikin programnya..suka sekali..hotel apa dan dimana itu kak..
      Yah sayang ga jadi yoga tapi kak Iqbal juga udah
      keren karena sudah pernah punya keinginan dan semangat mau coba yoga hehe..coba ketemunya sama Anjasmara ya haha..dia punya kelas khusus cowok kalau tidak salah. Tapi, kalau kelasnya dia tetap aja kaum hawa banyak plus pake terpesona pula haha
      Just info: akan ada kelas spesial tengah maret nanti, gurunya cowok..strong power yoga@virtualchrist..

      Hapus
  7. Aku pengin nyoba yoga, tapi belum mulai juga. Haha

    Awalnya aku rutin zumba, tapi kok lama-lama capek dan bosen. Pengin nyoba olahraga yang kasih suasana baru kayak yoga ini. Kasih rekomen youtube atau akun IG buat belajar yoga dong kak. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Ning! Ayo dimulai yuk latihannya kak...haha
      Mulai dr stretching dl n coba Tarian Jiwa Yoga(rekomendasi aku untuk yg suka nari juga olahraga/yoga).
      Di Yoga, ada teknik pernafasannya, dimulai dari pranayama hingga savasana, ada fleksibilitasnya, juga ada kekuatannya.
      Rekomendasi youtube yang aku sukain dan suka aku ikutin, Boho Beautiful Yoga kak.
      Kalau IG, banyak sekali kak..kalau kita ikut Yoga Challenge, akan ada hosts Yoga yang super duper keren dari dalam maupun luar negeri. Satu yang aku ingat @detikyoga(karena namanya unik). Kita dapat berlatih bersama dan terinspirasi dari mereka. Banyak yang sudah jago bahkan terkenal.
      Ohya waktu itu aku pernah mendapatkan free trial latihan yoga 1 kali dari IG.
      Tapi tetap rekomendasiku boho beautiful jika mau berlatih.
      Selamat berlatih dan semangat terus ya.

      Hapus
  8. Suka banget sih sama efek latihan yoga yang bikin hidup lebih mindful.
    Aku latihan yoga jalur pandemi nih. Sebelum pandemi sebenernya udah mau ikutan kelas yoga, tapi nggak jadi terus. Akhirnya, nyoba tutorial di Youtube yang buat pemula di pertengahan tahun lalu. Walaupun penasaran juga sama gerakan yang susah-susah, tapi nggak berani kalo nggak ada instruktur. Ikutan yoga challenge kayaknya seru yaa, Kak. Jadi pengen nyoba deh. Kali aja ada yang buat beginner. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Yoga itu bisa bikin jatuh cinta loh hehe..nagih! Kalau udah suka dan nyaman.
      Sejak pandemi bermula lalu lockdown, otomatis aku latihannya via zoom sampai sekarang dengan guru yoga yang cantik, baik juga lembut.
      Bagaimana rasanya setelah melakukan tutorial ka? Tetap hati-hati ya dan sebaiknya lakukan yang mudah dan sederhana dulu.
      Dan kakak benar sekali untuk perlu punya instruktur/guru yoga, karena ilmu dan tekniknya banyak juga luas sekali. Yoga juga ada level/tahapan2nya. Harapannya dengan ada seorang guru yang tepat kita dapat memperoleh beragam manfaatnya dan tidak cedera atau malah terjadi gangguan.
      Iya kak, ikut yoga challenge itu seru..yuk ikutan! Challengenya banyak juga macam2, beberapa challenge bisa diikuti oleh semua level. Terbuka dan bersahabat. Inti dari challengenya adalah, kita berlatih bersama, saling mendukung serta bersenang2.

      Hapus
    2. Iya, Kak. Pasti ambil tutorial yang mudah-mudah dulu kok. Kebetulan kalo sebelum latihan, aku tonton dulu videonya dan mengestimasi diri kira-kira bisa atau nggak gerakannya. Dan beberapa video itu suka kasih alternatif gerakan yang lebih mudah kalo gerakan utamanya sulit dilakukan.

      So far so good, Kak. Seminggu kalo nggak latihan yoga kayaknya ada yang kurang. Sekarang latihan yoga bisa 1-3 kali seminggu. Hehe.

      Wah ternyata ada ya instruktur yoga online, baru tau aku ini, Kak. Mungkin nanti aku akan tanya-tanya lebih lanjut ya kalo sudah butuh instruktur yoga, sekarang masih seneng eksplorasi di Youtube dulu. Hehe. Dan kalo udah siap, akan coba ikut challenge-nya. Thanks for sharing! :)

      Hapus
  9. Banyak banget ya manfaat yoga. Pantas saja banyak yang senang melakukannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul kak. Siapa saja boleh dan bisa melakukannya. Laki-laki maupun perempuan. Muda, dewasa, tua. Baru-baru ini aku melihat di IG, anak 11 tahun udah jago dan bagus sekali yoganya @naddaberyoga dia menang challenge yoga juga. Bahkan yang lebih muda juga ada dan kemudian menjadi guru yoga. Yang berusia lanjut pun juga ada. Yoga memang untuk semua yang mau dan suka.

      Hapus
  10. Dulu aku tuh gasuka yoga. Pernah nyoba 2 kali. Karena perasaan nggak keringetan. Jadi di tempat gym juga nggak pernah masuk kelas yoga. Padahal kelasnya selalu ramai. Aku sukanya body combat gitu kak. Yang kardio banget pokoknya. Yang keluar keringet banyak dan ngos2an.
    Tapi sejak pandemi udah gabisa gym lagi karena masih worry. Jadi nyari alternatif olahraga dan nyobain yoga. Pas udah nyoba salut sih sama yang suka yoga. Ternyata susah. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Leni😀..yay...akhirnya nyoba yoga juga ya hehe..senangnyaaa...
      ohya, sekedar rekomendasi utk kakak yg suka kardio, coba poundfit deh..seruuuu n bisa bikin gobyos klo levelnya di up kak...met olahraga apapun yg disukain yaaa😄

      Hapus
  11. Aku belum pernah coba olahraga yoga, kak Anni badannya sudah lentur sekali dalam setiap gerakan yoga nya.. Yoga juga bisa buat media meditasi ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Retno😀 cobain yoga yuk bareng2 hehe.. Iya kak, yoga bisa buat meditasi juga, relaksasi sampai healing😊

      Hapus
  12. Sungguh hobi yang bermanfaat. Kadang hobi itu kita dapatkan secara tidak sengaja, sama seperti aku yg belakangan ini lagi hobi berenang. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kakak Deny😀 amin..terimakasih ya, semoga smkn bisa mendapatkan dan menyebarkan manfaat ya. Kalau aku ketemu yoga rasanya udah kayak ketemu jodoh kak..hahaha
      Hobi berenangnya hebat dan keren sekali kak. Aku juga senang berenang dan sudah mulai berenang sejak kelas 1 SMP... apa gaya renang favoritnya kak...

      Hapus
  13. Dari dulu selalu salut sama orang yang bisa yoga. Aku jga pengen belajar sebenernya untuk melatih kelenturan dan kekuatan otot juga olah napas...tp di daerahku gak ada tempat latihan yoga.huhuhu...mau latihan by youtube takut salah teknik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Raya😍 terimakasih sudah punya niat untuk melakukan yoga, itu bagus sekali. Ikut yoga bareng aku yuk sama guru yoga aku yang sudah punya sertifikat dan lisensi. Kita latihan bareng via zoom karena masih pandemi sampai saat ini.

      Hapus
  14. Ulasan yang bagus Mba, untuk gerakan gerakan sulit seperti itu, apa kita perlu instruktur kah ? apalagi untuk pemula, apalagi melihat gerakan yang Mba buat diatas, itu semua berpotensi buat encok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Ruly😀 terimakasih ya sudah berkunjung dan membaca ulasan saya.
      Untuk memulai yoga dengan baik dan benar sejak kita masih menjadi pemula, saya sarankan untuk memiliki guru yoga yang baik dan benar pula, yang benar-benar mempelajari dan memahami yoga secara holistik/menyeluruh, belajar yoga sungguh-sungguh dan memiliki ilmu pengetahuan juga wawasan tentangnya, sudah dapat mengajar dan mengajar, jadi kesimpulannya guru/pembimbing/instruktur itu perlu dan penting sekali menurut saya.

      Hapus
  15. Wow keren sekali kak pose Yoganya. 😍
    Terus semangat yah kak.
    Thank u sudah berbagi cerita pengalaman Kakak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Clara😍 aku masih dalam proses perlu untuk terus belajar, berlatih dan berproses kak.
      Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisanku.
      Salam sehat dan semangat selalu juga ya untuk kakak.

      Hapus
  16. Sebelum pandemi menyerang bumi, kantor saya rutin Adain kelas yoga seminggu sekali. Saya selalu ikut kelasnya. Awalnya nyoba2 mau ngerasain. Terus ngerasa nyaman sama olahraga satu ini. Karena bukan olahraga cepat. Saya paling gak bisa tuh olahraga yg ritmenya cepat kayak senam atau aerobic. Olahraga pelan kayak yoga gini yg saya suka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Eka😃 yayy..kita sama2 suka yoga. Betul kak, yoga ritmenya bisa pelan dan perlahan, namun dapat pula cepat dan lebih bertenaga, tergantung, banyak juga jenisnya. Konon kabarnya, berdasarkan hasil penelitian, seiring dengan pertambahan usia, olahraga yang paling cocok, sesuai juga aman adalah yoga.
      Semangat terus ya kak untuk ikut kelas2 yoganya. Dan semoga mendapatkan banyak manfaatnya. Salam sehat selalu.

      Hapus
  17. Belum pernah cobain Yoga, disamping ga tahu kalau di Palu tempatnya dimana juga karena sepertinya gerakannya yang masih awam. Namanya hobi kan harus disenangi. Ya kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Taumy😃 belajar dan berlatih yoga sekarang bisa dilakukan secara online, dapat diakses dari mana saja dan kapan saja. Salah satu hikmah dari pandemi.
      Dan, ya...benar kak, yang namanya hobi memang harus disenangi.

      Hapus
  18. Senangnya punya hobi baru yang punya banyak manfaat ya, seprti yoga ini..sudah makin ahli yoganya ya Kak..ga cuma dapat sehat jiwa raga tapi juga teman baru juga.
    Sepupuku pilih yoga buat terapi..jadi belasan tahun belum punya momongan dia nyaris depresi terus pilih terapi dengan rutin yoga..eh sekarang malah udah jadi pelatih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Dian😃 iya kak, yoga selalu bisa bikin aku senang.
      Aku masih terus belajar dan berproses kak, dalam mempelajari dan mempraktekkan yoga.
      Betul kak, selain bisa sehat jiwa raga dapat teman juga, sudah seperti paket lengkap jadinya. Alhamdulillah.
      Wah, selamat ya untuk sepupunya kak..aku ikut senang. Semoga suatu hari nanti aku juga bisa menjadi pelatih seperti beliau ya kak😊💐

      Hapus
  19. Senang ya Kak akhirnya memilih yoga sebagai hal yang disukai. Btw, keren euy sampai ikutan challenge begitu. Kira-kira dalam seminggu, bisa yoga berapa kali Kak?

    Dulu pernah ikutan yoga. Pose favoritku child pose & savasana. Karena bisa sampai ketiduran saking rileksnya. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Lisa😊 iya kak, aku senang sekali bisa bertemu dan berkenalan dengan yoga, lalu memilih juga memutuskan untuk menekuni yoga karena rasa suka dan cinta.
      Aku ikut challenge juga supaya tetap semangat, ilmu yang baru sedikit bisa dipraktekkan serta untuk terus belajar dan praktek dan praktek lagi.
      Dalam seminggu, ada tiga kali jadwal yang pastinya kak dengan bimbingan seorang guru, setiap hari selasa, kamis dan sabtu.
      Nah, kalau ikut challenge, biasanya aku suka latihan sendiri untuk pemanasan juga peregangan, suka lewat video, dan itu bisa hampir setiap hari sekarang hahaha..dalam seminggu liburnya cuma sekali atau dua kali biasanya kalau datang bulan parah. Kalau nggak yoga atau bergerak rasanya malah jadi ga enak, kaku, pegel2 ga karu2an hahaha...
      Aku juga suka banget dua pose itu. Favorit! Aku pernah ketiduran pas savasana tepat lagi private sama guru yoganya, saking nyamannya🙈 guru yoganya, sempet ga tega bangunin sampai akhirnya pelan2 dibangunin duh duh duh...😅😂🤣🤣🤣

      Hapus
  20. ngeliat orang yoga...pelaaann....rilexxx....taunya pas nyobain, baru berapa menit aja udah keringet segede gede jagung hahahhaaha, dan baru sadar badan ternyata kaya kayu...kakuuu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Bening😀 horeee..selamat ya kak, kakak udah ngerasain tubuhnya aktif kalau begitu karena sudah sampai keluar keringatnya. Gerakannya juga kemungkinan besar sudah dilakukan dengan benar.
      Semangat terus ya kak latihan yoganya dan semoga mendapatkan segala manfaatnya.

      Hapus
  21. Yah ampuuun.. liat postingan ini, jadi malu sendiri. Kaum rebahan ini rasanya malu hati sama mereka yang suka posting foto olahraga apalagi yoga. Keliatannya gampang, akan tetapi katanya buat dapet pose yang sempurna, susyaaaahnya luar biasa euy. Pengen nyoba, tapi blom terealisi, masi konsisten buat jadi kaum rebahan di masa pandemi ini. hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kakak Lovelypink😀 btw, pink itu warna kesukaanku lohhh hehehe..🐙🦑
      Aku juga kadang2 suka rebahan kak.. Hayoklah kita rebahan sambil yoga an bareng kak😅😂🤣
      Dan setelah itu coba take a pic for yoga pose..rasanya...ahhh mantapp semongko kak👍🤣🍉🍉🍉

      Hapus
  22. keren bgt. Aku jg pernah ikut kelas yoga. Gerakannya si biasa aja tp bikin keringetan gemrobyos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Inez😀 terimakasih ya iyesss, benar sekali itu kak..ajaib sekali yahhh bisa bikin keringet ngucurrr terosss😂🤣

      Hapus
  23. Kaaaa itu badan elastiiisss sekaliiii kaya kareet. Aku kayanya sekali doang ikut yoga dan gak ketagihan entah kenapa wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak Sri😀 terimakasih ya..
      Aku masih terus belajar dan berproses kak hehe
      Wah, iya ga apa2 kak..belum kenal dekat dan jatuh cinta sama yoga berarti kakaknya hahaha😂🤣 atau mungkin kakak suka dan tertariknya dengan hal lain atau olahraga yang lainnya, selain yoga.

      Hapus