Kembali Mempelajari Budaya, Sejarah, Tradisi hingga Romansa melalui sebuah Tontonan 'Xiao Niang Re'

Kembali Mempelajari Budaya, Sejarah, Tradisi hingga Romansa melalui sebuah Tontonan

'Xiao Niang Re'



                                        Sumber:Youtube


Hello, heyhoy, Namaste...

Sungguh nggak terasa waktu menulis kembali tiba, senang dan excited sekali sih sebenarnya, tapi sedih juga sih karena ini adalah sesion atau periode akhir di arisan blog untuk tahun ini, penutupan ceritanya. 

Terkejut! juga seperti sebuah kejutan juga sih hehe..PICnya juga memberikan surprise mulai dari jumlah peserta sampai urutan pesertanya (ada ganjil genapnya), untuk menyelaraskannya aku juga mau bikin sedikit kejutan ah untuk tulisan ku kali ini hehehe..apa hayo itu, adakah yang bisa menebaknya?

Untuk yang pernah berkunjung dan membaca tulisan-tulisanku di blog atau mungkin mengikutinya(berharap begitu..banyak yang membaca tulisanku..amin), maka kalian akan mengetahui atau mungkin mengingat bahwa aku senang menulis tentang yoga, beberapa kali aku menulis tentang hal tersebut di blog aku. Kali ini pun sebenarnya aku berniat begitu, sudah niat dan untuk berlatih konsistensi, aku sungguh ingin menuliskan tentang headstand (banyak dan ada beberapa variasinya yang kemudian aku ketahui dan coba, dan yang lebih utama dari itu aku mau sharing tentang konsep atau prinsip dasar dalam melakukan headstand), selain dan setelah headstand aku juga mau menulis atau berbagi tentang 'Fallen Angel Pose' yang menarik dan bagaimana menaklukkan atau mengatasi pose tersebut (tentu disertai pula dengan konsep dan prinsip dasarnya).

Kira-kira dari teman-teman yang pernah membaca tulisanku, masih senang dan tertarikkah dengan tulisan aku tentang latihan dan perjalanan yogaku? kalian boleh menuliskan pendapat kalian ya supaya aku mungkin bisa mengetahuinya, dan dapat membuat aku semakin bersemangat dan termotivasi untuk menuliskannya...^_^

Kedengarannya pula tulisanku memang seharusnya tertuju atau ditujukan kepada mereka yang juga mencintai olahraga yoga seperti diriku, mungkin akan bisa sangat membantu sekali dan bermanfaat, aku ingin bisa dapat seperti itu. 

Namun, namanya menulis atau berbagi, ya sudah tulis-tulis saja dulu dan kemudian bagikan, tulisanmu akan tetap menemukan pembacanya dan bermanfaat bagi siapa pun yang memang memerlukannya bukan? hehe..yang penting terus semangat dan berniat baik saja ya...lah duh aku jadi melebar..

Back to, jadi kejutan tulisan apa yang akan aku tulis kali ini selain yoga?

Taraaaaaa...

Aku mau berbagi tentang jenis tontonan yang baru-baru ini aku tonton. Menurut aku tontonan tersebut bagus sekali selain juga menarik. Kita dapat mempelajari budaya, adat istiadat hingga tradisi dari para leluhur. Sejarah yang perlu untuk diketahui dan dipelajari, makna kehidupan, karma hingga kisah asmara(untuk yang terakhir ini sepertinya terdengar paling menarik ya...kisahnya selalu ada dan hadir mewarnai kisah perjalanan sepasang manusia sejak zaman dahulu, sejak Adam dan Hawa).


Jadi, semua berawal mula dari FYP yang lewat di beranda Tiktokku, video yang unik dan berbeda, di video itu digambarkan seorang perempuan muda manis cantik keturunan Tionghoa yang sedang memasak di sebuah dapur sederhana namun bersih dan rapi, ia mengenakan kebaya(yang kemudian diinformasikan bahwa itu adalah kebaya encim), ia pun memasak dan mengolah masakan yang menyerupai masakan olahan orang Melayu atau Indonesia. Tidak terasa aku mengikuti video yang berdurasi cukup panjang itu dari awal hingga akhir, terkesan dengan olahan ikan yang perempuan itu buat.

Setelah terkesan dan jadi ingin mencoba membuat masakan itu sendiri, tidak diduga lewat pula video yang lain, yang related, pucuk dicinta ulam tiba ya haha. Dari video tersebut aku ketahui bahwa ada film yang berjudul 'Xiao Niang Re'  yang akan menceritakan tentang kisah dan kehidupan 'The Little Nyonya'.  


Mengapa Xiao Niang Re menarik untuk ditonton?

Banyak hal bisa kamu ketahui dan pelajari dari tontonan ini. Untuk kamu yang senang belajar dan mempelajari sejarah, budaya, adat istiadat, kebiasaan, seni, masakan atau kuliner, kisah cinta, sungguh cocok sekali dan perlu menyaksikan tontonan yang menurut aku cukup berkualitas ini selain dapat pula menguras airmata pula karena mengandung bawang pula haha..

Banyak pengingat atau reminder, peringatan seperti karma hingga makna kehidupan itu sendiri, dimana sebaiknya kita perlu selalu bersikap dan berperilaku baik dimana dan kapan saja kita berada. 

Hendaknya kita menjadi orang yang senantiasa baik, ringan dalam menolong juga hidup lurus, karena sejatinya itu semua akan kembali kepada diri kita sendiri pula. Apa yang kita lakukan akan kembali pada diri kita sendiri seperti halnya bumerang. 

Nampaknya prinsip, apa yang kamu tabur itulah nantinya yang akan kamu tuai, benar adanya.


Mengapa tertarik untuk menonton Xiao Niang Re?

Judul 'The Little Nyonya' sungguh membuat aku penasaran dan ingin tahu lebih banyak tentang apa, siapa dan bagaimana kah Nyonya itu dalam kehidupan sehari-harinya? dari manakah ia berasal? dimana mereka tinggal? bagaimana mereka menjalani kehidupan mereka? silsisah keluarga dan sejarah para leluhur? dan masih banyak lagi, ternyata semuanya dapat terjawab dan terkuak sedikit demi sedikit di tontonan yang bisa kamu cari via Youtube dengan judul Xiao Niang Re.


Jujur awal aku menonton hanya karena rasa ingin tahu dan penasaran saja, tapi begitu diikuti lebih lanjut, malah tidak mau berhenti menontonnya hehe. Sayang aku belum berlangganan TV kabel lagi atau mungkin Netflix, dan hanya mengakses via Youtube dan baru mendapatkan seadanya saja, maka tontonan itu pun hanya baru berhasil aku tonton hingga episode tujuh saja, padahal masih banyak episode yang lainnya. Dan memang ada episode yang belum terbuka dan belum bisa dilanjutkan.


Saat menyaksikan Xiao Niang Re, sungguh sulit untuk melewatkannya begitu saja. Rasanya selalu ingin menontonnya hingga tuntas. Teramat banyak hikmah, pelajaran juga peringatan. Selain banyak hal dari sejarah juga budaya yang dapat kita ketahui dan pelajari.

Film ini rekomendasi sekali dan layak ditonton menurut aku. Untuk yang suka sejarah sekaligus drama sangat cocok sekali. Pemberitahuan Ulangan: mengandung bawang juga loh tontonan ini, jadi hati-hati! dan waspadalah, hahah... 


Apa yang ditawarkan Xiao Niang Re?

Kita seperti dibawa dan diajak ke masa lalu, saat cerita dan kisah itu bermula. Kamu akan senang sekali saat menonton awal mula ceritanya, cobalah untuk menyaksikan episode 1 nya, dan silahkan memutuskan setelah itu kira-kira kamu mau melanjutkan menontonnya atau tidak..


Kita akan pula dibawa untuk mengetahui tentang kuliner asli dari peranakan Tionghoa yang sudah banyak berbaur pula dan nampak familiar di kuliner nusantara. 



Sumber: Youtube


Kita akan belajar dan mengetahui sejarah Tionghoa, perjalanannya menuju nusantara. Aku jadi teringat Jalur Rempah Nusantara jadinya hehe..

Tentang asal usul peranakan Tionghoa, pria Tionghoa kala itu yang menikahi wanita lokal dan memiliki anak dari pernikahan unik yang mereka langsungkan.


Jadi, untuk kamu yang tertarik untuk mengetahui budaya peranakan Tionghoa, Baba dan Nyonya, bisa langsung cusss dikepoin ya, nggak bakal nyesel menurutku karena kamu bisa buanyak banget belajar tentang banyak hal.




Sumber : Youtube


Mengutip perkataan atau ucapan seorang nenek dari tontonan tersebut, 'Jika kau tak mengetahui masa lalumu, maka kau seperti daun yang tak tahu dia bagian dari pohon.'


Happy Watching!..^_^


Posting Komentar

25 Komentar

  1. Terima kasih info filmnya, mudah2an pas gw cari di youtube atau netflix ada ya, krn tema2 film yg kyk gini gw suka..
    Meskipun suka hunting foto di pecinan atau wihara, bukan berarti alesan gw tertarik sm film ini cm krn itu..
    Tapi krn emg suka sm budaya & sejarah..
    Btw, kl suka film sejarah lainnya gw rekomen film Banda: The Dark Forgotten Trail di netflix :)

    Nice post!

    BalasHapus
  2. Kaget aku kog gak bahas Yoga, ternyata memang sengaja ikut2an kubbu yang tetiba ganti peraturan. Jadi kepikiran apa aku juga perlu bahas tema selain traveling. Aku pribadi suka nontonin sejarah china tapi versi cartoonnya, entah kenapa menurutku cerita animasi china itu historis dan sarat makna. Kayaknya menarik banget nonton 'Xiao Niang Re' setelah baca ulasan Mba Ani, nanti coba aku tonton deh. Thanks infonya mba.

    BalasHapus
  3. Kalo katanya temen-temen sih, bisa nyari filmnya di telegram yah. Hahahaha... itu jurus ninja mereka yg ga langganan paket netflix n temen2nya. Tapi kayanya ceritanya menarik deh, kalo ada banyak muatan informasinya. Thx rekomendasinya yah mba

    BalasHapus
  4. Wah kayaknya seru nih film, saya juga suka nih film yang berbau sejarah dan saya juga berlangganan beberapa video streaming macem netflix dll. Patut dicoba untuk dinikmati nih.

    BalasHapus
  5. Menarik untuk ditonton kaak. Selain buat hiburan, bisa untuk sekalian belajar sejarah jugaa. Thank you kaak

    BalasHapus
  6. Saya adalah orang yang sangat menyukai sejarah, dan film ini bisa referensi juga buat saya, terima kasih infonya Mba Anni, Btw saja juga tadi menyangka kalau ini soal Yoga, but i'm totally wrong

    BalasHapus
  7. Halo mbak anne, aku suh suka dengan postingan tentang yoga-nya. Menambah pengetahun tentang yoga. Dulu mengira kalau yoga hanya sebatas olahraga. Namun, ternyata banyak filosofi dalam gerakan yoga. Termasuk fungsi gerakan, dan cerita-cerita dari gerakan tersebut.

    Oyaa mbak anne, kalau boleh saran sih. Jika postingan ttg yoga dirasa kepanjangan, sebaiknya dibagi menjadi beberapa bagian. Jadi bacanya tidak terlalu panjang dan penyerapan informasi bisa secara bertahap. Hal itu jga bisa jadi bahasan yang lebih mendalam ttg gerakan yoga.

    Makasih mbak anne :D

    BalasHapus
  8. Trims infonya, langsung cek biar kepohnya langsung terobati. Ada banyak kulineran pula..huhuhuhu..

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. Aku kira mau bahas film chinese yang bener2 china, tapi ada ya film Chinese yang memperlihatkan kehidupan budayanya dengan budaya Indonesia juga, menarik banget. kalo jaman sekarang sebutannya Chindo kali yaa. Tapi sayangnya, di Netflix belum ada pas aku cari.

    BalasHapus
  11. Paling demen nih cerita film tentang sejarah dan budaya gini. Mudah-mudahan punya waktu buat nonton film Xiao Niang Re ini. Kalau film Korea yang nama karakternya Choi Jang-Guem tau? itu bagus banget juga Mbak.

    BalasHapus
  12. ... supaya seperti daun yang tahu bahwa ia bagian dari pohon. Dalam juga ya, dan betul sekali

    BalasHapus
  13. Belajar sejarah Thionghoa dari leluhur nya yaa kak, banyak banget sejarah yang bisa dipelajari ya

    BalasHapus
  14. Wah, aku mau coba cek nih mba. Aku juga suka cerita atau film mandarin gitu. lagu-lagunya juga suka hehe thanks infonya mba.

    BalasHapus
  15. Waah saya juga suka nih sama film bertemakan sejarah dan budaya. Abis baca postingan ini mau langsung tonton di YouTube hehe

    BalasHapus
  16. Tontonan yang menarik ya kak. Ceritanya menambah pengetahuan.

    BalasHapus
  17. Noted, Xiao Niang Re..nyari di Netflix nanti. Aku suka nonton begini, misalkan itu masakan sekalian tahu sejarah lahirnya. Menarik pasti karena akan banyak kisah terkait budaya dan peradaban manusia di sana

    BalasHapus
  18. eh ya ampun iyaa, aku pun liat spoiler Xiao Niang Re' / The Little Nyonya dari TikTok mba, cerita tentang peranakan Tionghoa kala itu, ya ampun kaya tetep ada urutan kasta nya yaa, dan perempuan harus banget wajib bisa masak buat yang masih memegang teguh tradisi. Sempet kesel sih pas, majikan yang serba bisa masak dan ngurus rumah dikira malah asisten rumah tangga.

    BalasHapus
  19. Wah, sayang banget nih baru nonton sampai eps 7 padahal total eps ada 34. Barusan banget nyari di Netflix saking penasarannya. Kalau di Netflix judulnya The Little Nyonya tahun 2008. Tapi pas nyari di google ada juga yang versi 2020. Jadi, better nonton yang mana kak?

    BalasHapus
  20. Membaca topik lain dari tulisan-tulisan kakak sebelumnya, pastinya bikin penasaran. Apakah seseru tulisan sebelumnya ?
    Sebagai 'penikmat' telusur sejarah, biasanya saya melalui berbagai literature, diskusi maupun ke situs2. Nah, cara menarik juga ya kak, kalau kita menulusurinya via tontonan, jadi terimakasi untuk tulisan recommend kakak mengenai :
    Kembali Mempelajari Budaya, Sejarah, Tradisi hingga Romansa melalui sebuah Tontonan 'Xiao Niang Re'. Mesti banget next time saya sempatkan menontonnya.

    BalasHapus
  21. Baca ini jadi penasaran sama filmnya, apalagi temannya lengkap banget ya ada sejarah dll.

    Thanks rekomendasinya kak, jadi pengen nonton juga deh

    BalasHapus
  22. Wah menarik nih untuk jadi referensi tontonan baru. Mana temanya juga lengkap banget.

    BalasHapus
  23. Baca artikel ringan seperti ini tuh bikin seneng gimana gitu. Apalagi bahasannya rekomendasi drama yang bagus untuk ditonton. Setelah seminggu kemarin mengurusi urusan di Jogja dan salahnya pun nonton SG; yang booming di TikTok tapi menurutku kurang bagus; membaca artikel ini bakalan langsung cari drama ini. Thank you kak info dramanya. 😍

    BalasHapus
  24. Sepanjang arisan biasanya kakak bikin artikel yoga tiba2 dapat penyegaran artikel drama. Hihi
    Wah ini dramanya ada unsur sejarahnya ya. Coba aku liat ada di netflix apa enggak

    BalasHapus
  25. Kayaknya bagus ya dramanya. Aku yang suka banget sama Chinese food jadi pengin nonton. Penasaran sama makanan jaman dulu yang dimasak mereka, hihi

    BalasHapus