My Comfort Foods


Tema kali ini dalam Arisan Blog Edisi Special adalah My Comfort Foods atau makanan favorit yang menenangkan.

Menjadi tema yang cukup menyenangkan, setelah dua tema sebelumnya cukup berat dan serius. Terimakasih banyak to Kak Nani Kurniasari, dikenal dengan nama blog yang sudah cukup familiar, Blog Mamak Rempong, yang sudah memilih tema ini sebagai rewards dirinya sebagai pemenang.

Berbicara tentang makanan favorit yang menenangkan untuk aku yang hobi makan ini cukup seru juga, meski referensi tentang beragam jenis makanan menarik tidaklah banyak. Maklum, aku adalah tipe yang tidak berkeberatan untuk melahap sebuah menu yang sama terus - menerus bila sudah suka dan cocok. Meskipun tetap tidak akan memolak juga untuk mencoba dan mencicip makanan baru, kreasi hingga midifikasi ini dan itu.

Dan, karena temanya telah mengerucut tentang makanan favorit yang menenangkan, maka aku akan coba paparkan dan bahas makanan tersebut versi aku..

* Buah - buahan, ya..mungkin terdengar kurang begitu seru ya hahaha..tapi itulah kenyataannya. Sejak aku menyadari pentingnya mengonsumsi makanan yang sehat seiring dengan gaya hidup sehat yang aku terapkan. Buah aku anggap sebagai makanan di pagi hariku. Sebisa mungkin buah - buahan aku konsumsi di pagi hari, ditemani dengan air putih dan perasan jeruk nipis atau lemon. 

Buah akan menjadi menu sarapanku. Meski terkadang hingga sering pula tidak selalu begitu, akibat kondisi tertentu, misalnya saat sedang ada tugas, atau travelling atau memang persediaannya sedang tidak ada. Ya sudah, aku puasa atau makan saja apa yang ada hahaha

Namun, meskipun aku suka buah - buahan, nyatanya tidak semua buah menjadi favoritku. Berikut ini adalah beberapa buah favoritku, biasanya yang cenderung tidak terlalu manis, yang aku sebutkan di awal adalah buah terfavorit...

- Apel

- Jeruk atau Orange

- Pepaya

- Pir

- Kiwi

Top 5, selain dari yang disebutkan di atas itu, aku tetap suka dengan buah - buahan yang lainnya.

Tambahan cerita tentang buah plus sayur juga berdasarkan kenyataan...cerita mau diungkapkan sebab masih saja takjub dan terkesan dengan mnafaat yang bisa kita ambil dari buah dan sayur.

Jadi, aku pernah mengalami pendarahan hebat juga pendarahan yang tidak terputus (terus - menerus), hal terseut menyebabkan badan jadi lemas tak berdaya ( mungkin ini salah satu akibat yang kemudian aku rasakan, anemia). Diengah menghadapi kondisi seperti itu, aku membuat Raw Juice, sebuah racikan dari pencampuran buah dan sayur segar untuk kemudian diblender dan dikonsumsi. Tanpa gula dan nyaris tanpa air (bilapun ada air cukup sedikit saja dan tergantung jenis buah dan sayurnya juga).

Ajaib, pendarahan aku bisa terhenti. Saat mengonsumsi buah bit, nanas, apel, mangga, jeruk nipis yang dicampur sayur bayam, wortel, telur. Aku membuat beberapa racikan raw juice sesuai bahan dan kebutuhan.

* Sayur - sayuran, nah ini menjadi makanan favorit yang aku senang mengonsumsinya di sore atau malam hari. Dan bentuk sayur yang menjadi favorit dan harganya agak kurang bersahabat adalah salad sayur hehehe...tapi jenis sayur - sayuran yang lainnya aku tetap suka. Yang tetap selalu menjadi favoritku adalah sayur sop selain juga sayur bayam. Rasanya tenang dan nyaman juga enak di badan setelah usai menikmatinya.

* Daging, jenis makanan favorit yang ini memang tidak sejenis dan tentu saja jauh berbeda dengan dua makanan favoritnya sebelumnya.

Lalu, mengapa daging kemudian menjadi makanan favorit, semua itu karena ada hal - hal yang mendasarinya, apa sajakah itu?

- Karena kondisi diri, yang adalah merupakan seseorang yang berdarah rendah. Bila tekanan darah di dalam tubuh menjadi rendah sekali akibat hal tertentu, maka rasanya badan otomatis akan terasa lemas dan pandangan menjadi berkunang - kunang.

Mengonsumsi daging menjadi solusi terbaiknya. Oleh karena itulah, maka daging terbiasa dikonsumsi saat dibutuhkan dan akhirnya ia menjelma menjadi makanan favorit.

- Karena anemia, sebelas dua belas dengan kondisi di atas, daging bisa menjadi penyelamat dan penambah energi saat tubuh sedang benar - benar membutuhkannya.

Untuk mendoping supaya kuat dan bertenaga lagi, daging adalah jawaban atau jalan keluar untukku.

Hal yang cukup menarik dari penggabungan dua makanan favoritku : saat keduanya digabungkan. Jadi, aku pernah mencoba menggabungkan sayur selada dengan daging di dalamnya.

Caranya : masukkan daging yang sudah diolah dan matang, letakkan di tengah daun selada, lalu gulung, makanan lezat pun siap untuk dikonsumsi.

Berikut penampakannya.




Bon Appetite! 


Posting Komentar

3 Komentar

  1. Mba, ada tips-kah tentang raw juice yang khusus masalah pencernaan,semisal asam lambung dan kawan kawan?..hehe.
    Raw juice ini cukup diminum sebagai sarapan aja atau bisa kapan aja kita mau sebagai pengganti ngemil?..

    Thanks jawabannya ya :)

    BalasHapus
  2. Suka sama penggabungan daging dan selada. Sama kayak makan di resto All U Can Eat. Hahha

    BalasHapus
  3. wuahh aku baru tau kalau raw juice bisa jadi obat pendarahan juga mba. Alhamdulillah udh setahun ini pola makanku juga bergeser ke yg sehat2 banyak buah, sayur, dan lengkapi proteinnya, pun karbohidratnya aku gonta ganti pake macem karbo kompleks, jarang pake nasi wkwkkw

    BalasHapus